A. Mengapa kita perlu belajar
1.
Seni budaya
Manusia
membutuhkan seni untuk memenuhi kebutuhan rasanya. Seni Budaya merupakan suatu
keahlian untuk mengekspresikan ide-ide atau gagasan estetika dalam bentuk karya
yang dapat mengungkapkan perasaan manusia.
Dalam
pelajaran Seni Budaya siswa diberikan kesempatan untuk mengekspresikan gagasan
berkreasi serta mengapresiasikan seni dengan cara mengilustrasikan pengalaman
pribadi, menggali/mengeksplorasi rasa, dan melakukan pengamatan proses, dan
teknik sesuai dengan nilai budaya dan keindahan yang ada di lingkungan
masyarakat.
Melalui
Seni Budaya, siswa diajak mengembangkan jiwa kreatifitas, kepekaan indrawi,
serta mampu berkreasi seni dalam lingkungan dan kondisi yang terarah, sebagai
bekal siswa pada saat berperan langsung sebagai pelaku kehidupan bermasyarakat.
2.
Seni rupa
seni
itu adalah ungkapan perasaan yang dituangkan kedalam sebuah media.. jadi kalau
belajar seni rupa, kita sebenarnya di didik untuk memahami perasaan, jangan
heran klo pelaku seni rupa itu kadang terlihat aneh dan unik,itu karena mereka
lebih banyak bermain dengan perasaan, mempelajari seni akan membuat kita mampu
memahami nilai-nilai kehidupan, yang tidak bisa dilihat oleh mata biasa, tapi
hanya bisa dirasakan oleh hati dan jiwa yang terdalam, itulah fungsi seni yang
sebenarnya.
3. Seni
tari
Agar kita mudah untuk mengenal
budaya bangsa, seni tari bias memajukan budaya bangsa kita, menguatkan budaya
bangsa agar tidak di akui Negara lain. kita perlu belajar seni tari karena
melihat perkembangan tari pada masa lampau sampai sekarang,menyangkut segi-segi
kehidupan manusia yang sangat komplek.Tari mempunyai sangkut paut dengan magis,
agama ,kesusasteraan, musik, drama, seni gerak, seni rupa dan lain-lain. Dengan
demikian apabila sebuah difinisi tari tidak dapat mencakup segala segi-segi
yang terdapat pada tari,pastilah difinisi itu tidak mencakup pula.untuk dapat
mencakup atau sesuai dengan proporsi yang dimaksudkan,tari ditempatkan pada
proporsi yang dimaksudkan,tari ditempatkan pada prporsi sebagai cabang dari
kebudayaan.Sedang unsur yang paling pokok atau media yang pokok adalah gerak.
Pendidikan tari untuk anak itu sangat perlu. Fenomena penyimpangan perilaku
anak terhadap lingkungan, misalnya mencat rambut, corat-coret tembok, dapat
dijadikan salah satu indikasi bahwa dalam proses pendidikan telah terjadi miss
komunikasi yang semakin jauh antara siswa (anak) dengan guru (orangtua).
Pelajaran tari bukan bertujuan untuk mempelajari sikap gerak saja, namun juga
sikap mental, kedisiplinan, sehingga pendidikan tari itu menjadi media
pendidikan. Dalam bukunya tentang Pendidikan Ki Hadjar Dewantara menyebutkan
bahwa tari anak-anak akan memberi pengaruh terhadap ketajaman pikiran,
kehalusan rasa dan kekuatan kemauan serta memperkuat rasa kemerdekaan. Rudolph
Steiner menyebut bahwa pengaruh ritme atau wiromo dalam iringan tari akan dapat
digunakan sebagai media untuk mencapai budipekerti yang harmonis.
4.
Seni music
kita
perlu belajar seni musik karena pendidikan musik khususnya banyak sekali
memberikan kontribusi bagi perkembangan dan keseimbangan rasional, emosional,
intelektual dan kesadaran estetis. Banyak sekali hasil penelitian yang
memberikan informasi kepada kita tentang pentingnya pendidikan seni khususnya
musik bagi perkembangan anak, berikut beberapa hasil penelitian yang penulis
rangkum dari Bulletin of the Council for Research in Music Education,
diantaranya adalah sebagai berikut:
1. Pendidikan musik/pendidikan seni, memudahkan perkembangan anak dalam bahasa dan kecepatan membaca.
2. Aktivitas bermusik/berkesenian sangat bernilai bagi pengalaman anak dalam berekspresi dan lain-lain.
3. Aktivitas bermusik/berkesenian membantu perkembangan sikap positif terhadap sekolah dan mengurangi tingkat ketidakhadiran siswa di sekolah.
4. Keterlibatan dalam kegiatan bermusik/berkesenian secara langsung mempertinggi perkembangan kreativitas.
5. Pendidikan musik/pendidikan seni memudahkan perkembangan sosial, penyesuian diri, dan perkembangan intelektual.
Dari penjelasan-penjelasan di atas, ternyata pendidikan musik sangat penting untuk perkembangan anak di masa depan.
1. Pendidikan musik/pendidikan seni, memudahkan perkembangan anak dalam bahasa dan kecepatan membaca.
2. Aktivitas bermusik/berkesenian sangat bernilai bagi pengalaman anak dalam berekspresi dan lain-lain.
3. Aktivitas bermusik/berkesenian membantu perkembangan sikap positif terhadap sekolah dan mengurangi tingkat ketidakhadiran siswa di sekolah.
4. Keterlibatan dalam kegiatan bermusik/berkesenian secara langsung mempertinggi perkembangan kreativitas.
5. Pendidikan musik/pendidikan seni memudahkan perkembangan sosial, penyesuian diri, dan perkembangan intelektual.
Dari penjelasan-penjelasan di atas, ternyata pendidikan musik sangat penting untuk perkembangan anak di masa depan.
B.
Jelaskan yang anda ketahui tentang budaya
Budaya adalah alat manusia kuat untuk bertahan
hidup, tetapi merupakan fenomena rapuh. Hal ini terus berubah dan mudah hilang
karena ia hanya ada dalam pikiran kita
Unsur unsur
1.
Garis
Garis
adalah goresan atau batas limit dari suatu benda, ruang, bidang, warna,
texture, dan lainnya,atau merupakan barisan titik yang memiliki dimensi
memanjang dan arah tertentu, dengan kedua ujung terpisah.
2.
Bidang
merupakan
salah satu unsur seni rupa yang terbentuk dari hubungan beberapa garis
3.
Warna
warna
adalah pesan yang ditimbulkan oleh pantulan cahaya pada mata.
warna dibagi menjadi 3 yaitu warna dasar, warna sekunder, warna tersier.
warna dibagi menjadi 3 yaitu warna dasar, warna sekunder, warna tersier.
C.
Jelaskan dimana saja aplikasi seni rupa dilakukan
aplikasi seni rupa dapat dilakukan pada pembuatan
peta, keramik, patung, peta timbul, lukisan, seni bangunan, aplikasi komputer,
batik, dll.
D.
Jelaskan bagaimana cara mengaransement seni music
1 Menentukan pola harmoni/acord pada lagu
2 Membuat pola irama
3 Membuat melodi tambahan
2 Membuat pola irama
3 Membuat melodi tambahan
E.
Jelaskan bagaimana proses tercipta sebuah
sendratari
Proses penciptaan bermula dari
munculnya sebuah ide. Untuk kemudian dilanjutkan dengan bereksplorasi gerak
sesuai dengan ide garapan. Selanjutnya proses penciptaan tari berlanjut pada
penambahan musik pengiring. Bagi pemula, proses penciptaan tari dapat dimulai
dari mencari musik pengiringnya terlebih dahulu.
Proses penciptaan bermula dari
munculnya sebuah ide. Untuk kemudian dilanjutkan dengan bereksplorasi gerak
sesuai dengan ide garapan. Selanjutnya proses penciptaan tari berlanjut pada
penambahan musik pengiring. Bagi pemula, proses penciptaan tari dapat dimulai
dari mencari musik pengiringnya terlebih dahulu.
0 komentar:
Posting Komentar